Sabtu, 28 Juli 2018

FALSAFAH ALAMAT I'ROB ala Maghfur Amien

فارفع بضم وانصبن فتحا وجر
كسرا كذكر الله عبده يسر

واجزم بتسكين وغير ما ذكر
...

ROFA' Alloh meninggikan derajat manusia diantara makhluq lainnya. Dengan kelahirannya ke dunia, setelah berkumpulnya dua insan dan terjadilah pembuahan. Inilah DLUMMAH

NASHOB setelah lahir ke dunia kita akan mengalami keletih-lelahan dan bersusah payah untuk menemukan dan membuka kemudian menempuh jalan lurus menuju akhirat. Inilah FATHAH

JAZM adalah kemantapan atau sesuatu yang harus diyakini sebagai yang pasti, yaitu kematian. Kematian sebagai gerbang menuju alam barzakh dimana manusia mulai menuai ganjaran atas kebaikan dan keburukan semasa hidupnya. Inilah SUKUN.

JARR adalah Maha Daya Yang Menarik. Dialah Allah yang semua makhluq tunduk kepada-Nya. Karena itu manusia pun harus tunduk-tawadhu serendah-rendahnya di hadapan Allah. Inilah KASROH.

DI AKHIR KALIMAT. Contoh yg digunakan mengandung makna bahwa jika Allah telah merindukan seorang hamba maka mudahlah segala urusannya. Dan Allah merindukan seorang hamba, hanya jika hamba itu merindukan-Nya. Maka hamba tersebutlah WALIYULLAH.

(Bukan copy+paste 😎 hanya mencoba menjawab pertanyaan yang mengganggu saya, kenapa alamat asli rofa' harus dhummah, nashob harus fathah dst.)

Maghfur Amien

Tidak ada komentar: